5 cara presentasi sidang skripsi yang baik

5 cara presentasi sidang skripsi yang baik - Tidak asing lagi bagi mahasiswa, pada saat menuju kelulusan, skripsi menjadi syarat kelulusan. Kelulusan ini ditentukan oleh beberapa tahapan, dari mulai pengajuan outline skripsi, persetujuan judul, pembuatan proposal, ACC proposal, seminar proposal, penelitian hingga sidang skripsi. Biasanya yang menjadi penentu utama adalah sidang skripsi, lulus atau tidaknya mahasiswa ditentukan oleh sidang skripsinya. Bagaimana mahasiswa bisa menjawab pertanyaan dosen yang diberikan pada saat sidang.

5 cara presentasi sidang skripsi yang baik


Rangkaian sidang skripsi tidak hanya pada tanya jawab saja, namun di awal mahasiswa akan presentasi hasil penelitiannya dalam bentuk power point. Melalui PPT yang dibuat, mahasiswa akan menyajikan skripsinya dalam beberapa slide dengan durasi rata rata 10 hingga 15 menit. Sehingga mahasiswa perlu menyiapkan sebaik mungkin bagaimana presentasi yang baik. Berikut dijelaskan 5 cara bagaimana presentasi sidang skripsi yang baik:

1. Menyiapkan poin poin penting dalam skripsi
2. Menyusun powerpoint dengan desain yang sesuai dengan topic
3. Latihan presentasi dengan durasi yang ditetapkan
4. Membuka dan menutup dengan baik
5. Pahami vocal, verbal dan visual dalam presentasi

Dari penjelasan nantinya, kamu akan memahami bagaimana presentasi sidang skripsi dengan baik. Mulai dari awal hingga pada saat presentasi.

1. Menyiapkan poin poin penting dalam skripsi

Ketika skripsi kamu sudah di ACC oleh dosen pembimbing dan diminta untuk melanjutkan ke sidang skripsi, kamu harus membuat sebuah poin poin penting per BAB nya untuk memudahkan kamu memahami dan menyampaikannya secara keseluruhan. Poin poin penting diantaranya mengenai latar belakang, rumusan masalah, inovasi keterbaruan penelitian kamu dengan penelitian sebelumnya, hasil penelitian apakah menjawab rumusan masalah, dan segala temuan lain dalam penelitian yang nantinya kamu sampaikan dalam presentasi sidang skripsi.

2. Menyusun powerpoint dengan desain yang sesuai dengan topik

Salah satu yang membuat presentasi baik adalah bagaimana desain PPT yang dibuat sungguh menarik perhatian. Karena dengan PPT yang baik saja sebelum mulai presentasi, dosen penguji langsung senang dengan tampilan PPT yang kamu buat. Ini menjadi nilai plus dalam presentasi sidang skripsi.

3. Latihan presentasi dengan durasi yang ditetapkan

Latihan menjadi kunci dalam keberhasilan, termasuk presentasi sidang skripsi. Tanpa latihan kurang lengkap dan tidak mungkin akan sebaik tanpa latihan. Dengan latihan terus menerus, kamu akan terbiasa lancer dan mudah menyampaikannya dalam bentuk kata kata karena sudah terbiasa berlatih. Berlatih tidak hanya presentasi sendiri biasa, namun juga minta tolong kepada teman untuk melihat dan bertanya layaknya sidang skripsi. Hal ini dilakukan agar melatih mental.

4. Membuka dan menutup dengan baik

Kunci keberhasilan presentasi ditentukan oleh pembukaan dan penutupan. Karena first impression adalah yang menentukan penilaian secara keseluruhan. Begitupun dengan penutup, yang menjadi tugas mahasiswa adalah bagaimana bisa menyampaikan penutupan kesimpulan yang dapat memahamkan, singkat, jelas dan menarik. Pembukaan dan penutupan menjadi satu hal yang harus disiapkan.

5. Pahami vocal, verbal dan visual dalam presentasi

Mahasiswa perlu memahami 3 komponen penting dalam presentasi, diantaranya vocal, verbal dan visual. Vokal daripada intonasi, mimik dan grafik emosi. Verbal lebih kepada kejelasan dalam berbicara, terdengar jelas tanpa multitafsir. Visual berkaitan dengan PPT yang baik, penampilan dari segi pakaian yang dikenakan, dan alat bantu presentasi seperti memakai video dan poster.

Itulah 5 cara presentasi sidang skripsi dengan benar. Pastikan setiap cara yang telah dijelaskan di atas dilakukan dengan baik untuk mendapatkan nilai maksimal. Jangan lupa untuk mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan dengan sebaik mungkin.

Jika ada keperluan dalam mengerjakan skripsi, tesis, disertasi, cek turnitin, penulisan jurnal, paraphrase dan lain lain berkaitan dengan naskah akademik mahasiswa bisa menghubungi jasa turnitin melalui media social kami.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar