5 Cara sederhana membuat penelitian terdahulu dalam skripsi

5 Cara sederhana membuat penelitian terdahulu dalam skripsi - Skripsi merupakan hal wajib yang harus dikerjakan oleh semua mahasiswa, karena dengan terselesaikannya tugas tersebut mahasiswa dapat melangkah ke jenjang yang lebih, yakni kelulusan atau prosesi wisuda.

5 Cara sederhana membuat penelitian terdahulu dalam skripsi


Dalam pengerjaannya, skripsi dikerjakan dengan ketentuan tertentu, yakni berdasarkan format masing-masing instansi atau universitas. Karena setiap universitas memiliki formatnya tersendiri. Secara sisrematis, bagian tubuh skripsi memuat berberapa bagian yang saling mendukung atau memperjelas antara satu bagian dengan yang lainnya.

Salah satu dari beberapa bagian tubuh skripsi atau sub bab skripsi adalah penelitian terdahulu. Penelitian terdahulu memiliki kedudukan yang penting dalam skripsi, bagian ini memiliki berbagai manfaat, yakni seperti memberikan penegasan bahwa bahasan skripsi yang diangkat memiliki tingkat relevansi yang tinggi. Selain itu, bagian tersebut juga digunakan sebagai alternatif penjelas, bahwa riset yang sedang dilakukan adalah berbeda dengan riset lain atau sebelumnya.

Pembuatan narasi yang ada di dalam sub bab penelitian terdahulu harus disesuaikan dengan kaidah instansi atau ketentuan umum yang digunakan secara seksama. Memang terlihat lebih rumit karena banyak ketentuan yang harus dimuat di dalamnya. Kesulitan dalam menulis penelitian terdahulu dapat diatasi dengan beberapa cara atau arahan dalam menulisnya. Secara kompleks ada beberapa cara dan hal yang harus ditulis dalam sub bab penelitian terdahulu.

5 Cara sederhana membuat penelitian terdahulu dalam skripsi:

1. Judul Penelitian Terdahulu
2. Latar Belakang Penelitian Terdahulu
3. Ruang lingkup Penelitian Terdahulu
4. Teori Penelitian Terdahulu
5. Hasil atau temuan Penelitian Terdahulu

 

  • Judul Penelitian Terdahulu

Judul penelitian terdahulu akan menjadi teks pembuka dalam sub bab penelitian terdahulu. Secara umum penempatan judul penelitiannya dibagian awal atau kalimat pembuka di paragraf pertama. Hal ini akan mempermudah pembaca mengenali topik penelitian terdahulu tersebubt.

  • Latar Belakang Penelitian Terdahulu

Alangkah baiknya diberikan sedikit narasai yang bermuatan latar belakang penelitian terdahulu. Hal ini jika dilakukan akan menambak kompleksitas penelitian terdahulu yang dituliskan.

  • Ruang lingkup Penelitian Terdahulu

Jangkauan atau lingkup penelitian terdahulu menjadi penting untuk dijelaskan, karena bagian ini menjadi informasi penting disamping poin-poin yang lainnya.

  • Teori Penelitian Terdahulu

Teori penelitian memiliki urgensi dalam penelitian terdahulu, karena bagian ini menjadi pelengkap menuju penelitian terdahulu yang lebih jelas dan kompleks.

  • Hasil atau temuan Penelitian Terdahulu

Hal yang penting dan wajib untuk dituliskan yakni hasil atau temuan penelitian. Bagian ini merupakan pokok informasi yang penting untuk ditulis. Dalam penulisannya harus singkat, jelas, serta tidak melupakan fakta lapangan yang ditemukan oleh peneliti sebelumnya.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar