5 Tips membuat tinjuan pustaka yang menarik untuk skripsi

5 Tips membuat tinjuan pustaka yang menarik untuk skripsi Skripsi merupakan suatu tulisan dengan berbagai bagian yang menyusunya. Satu bagian dengan yang lain memiliki nilai urgensinya masing-masing, dan menjadi satu kesatuan yang komperhensif.

5 Tips membuat tinjuan pustaka yang menarik untuk skripsi


Bagian petama, kedua, dan seterusnya memiliki kesinambungan yang tidak dapat dipisahkan. Atar bagian tersebut saling melengkapi dan memperjelas pesan yang disampaikan dalam satu karya ilmiah.

Jika dibandingkan antara instansi atau unversitas satu dengan yang lainnya, konten bab yang termuat dalam skripsi akan sangat beragam, karena pengaruh kebijakan masing-masing instansi.

Dalam tulisan ini akan secara spesifik membahas mengenai BAB II, yakni condong ke arah pembuatan BAB II yang menarik untuk skripsi. Penusunan tinjauan pustaka tidak boleh dilakukan secara sembarangan bilamana hendak mendapatkan hasil yang baik.

Tinjauan pustaka akan terlihat menarik atau unggul bilamana dalam penulisannya melibatkan beberapa hal seperti di bawah ini,

Daftar isi:

1. Menggunakan referensi yang sesuai dengan tema skripsi
2. Cangkupan referensi yang luas
3. Mencara sumber literatur dari berbagai sumber yang relevan
4. Minimalisir tindakan plagiat
5. Mencantumkan sumber

  • Menggunakan referensi yang sesuai dengan tema skripsi

Tinjauan pustaka yang tersusun atas konsep-konsep penelitian seyogyanya disesuaikan dengan tema penelitian yang diangkat. Hal tersebut wajib dilakukan, karena dapat membuat penelitian kalian samakin jelas arahnya.

  • Cangkupan referensi yang luas

Referensi atau penggunaan literatur dalam bab tinjauan pustaka tidak terbatas, yakni akan semakin baik bilamana sumber yang digunakan sangat beragam, yakni mulai dari karya ilmiah di klas nasional sampai dengan internasional baik itu buku maupun dalam bentuk jurnal penelitian. Semakin luas makas bab tinjauan pustaka yang dihasilkan akan semakin berkualitas.

  • Mencari sumber literatur dari berbagai sumber yang relevan

Sumber pustaka dpata diperoleh dalam bentuk apa pun, baik itu buku, jurnal atau hasil penelitian dalam bentuk lainnya baik berupa cetakan maupun yang terunggah di internet. Hindari pengambilan pustaka di link atau laman web yang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, yakni seperti di blogspot atau laman lain selain yang tidak didasari sumber ilmiah.

  • Minimalisir tindakan plagiat

Tinjauan pustaka alangkah baiknya tidak terindikasi plegiat atau dalam pembuatannya tidak dilakukan secara copy paste. Kalian disarankan membaca sumber dari referensi terpercaya dan menuliskan ulang sesuai apa yang kalian tangkap dalam bacaan yang telah dibaca.

  • Mencantumkan sumber

Hal penting dalam tinjauan pustaka adalah sumber tulisan yang dikutip. Kalian wajib menuliskannya bilamana mengambil gagasan atau hasil temuan orang lain. Semakin banyak sumber bacaan yang kalian gunakan, maka kualitas tulisan akan semakin unggul.

Beberapa hal di atas adalah tips sederhana menulis tinjauan pustaka. Sebenarnya masih banyak hal lain yang perlu dilakukan, namun penulis menggeneralkan secara sederhana mengenai pembuatan tinjauan pustaka tersebut agar mudah dilakukan atau dikerjakan.

0 Komentar