6 Cara menentukan tema penelitian skripsi untuk S1

6 Cara menentukan tema penelitian skripsi untuk S1 - Skripsi merupakan tugas wajib yang harus dibuat oleh semua mahasiswa yang hendak memperoleh gelar kelulusan, karena syarat utama dari kelulusan adalah membuat skripsi. Realitas menyatakan bahwa tidak sedikit orang dengan mudah menemukan berbagai masalah dalam pengerjaan skripsi. Keberagaman masalah tersebut salah satunya adalah menentukan tema skripsi.

6 Cara menentukan tema penelitian skripsi untuk S1


Penentuan tema skripsi dianggap tidak udah untuk sebagian mahasiswa, entah bagi yang memiliki banyak tema dalam list atau yang memang benar-benar tidak memiliki tema. Memiliki banyak tema juga menjadi masalah karena dapat menimbulkan kebimbangan dalam memilih satu tema untuk didalami.

Masalah tersebut di atas dapat doiatasi dengan beberapa tips, dan dengan tips ini kalian dapat semakin terarahkan bilamana handak mendalami satu tema tertentu. Penulis akan memberikan berbagai tips atau cara untuk memilih tema penelitian. Detailnya yakni sebagai di bawah ini.

Daftar Isi:

1. Melihat riset-riset sebelumnya
2. Melakukan diskusi-diskusi
3. Sharing dengan teman seangkatan
4. Berfikir rasional
5. Membaca buku
6. Temukan tema dalam peminatan yang diambil

  • Melihat riset-riset sebelumnya

Riset sebelumnya atau yang disebut sebagai penelitian terdahulu sangat berpengaruh dalam proses penentuan tema penelitian. Dengan melihat hasil riset tersebut maka kalian secara tidak langsung akan mendapatkan pengaruh yang mengarahkan ke peminatan tema.

  • Melakukan diskusi-diskusi

Diskusi yang dimaksud di sini adalah melakukan tukar pikiran, meminta saran maupun masukan, meminta pertimbangan, dan sejenisnya dengan pengajar atau dosen. Hal ininpenting untuk dilakukan karena dapat memberikan pengaruh ke arah peminatan tema.

  • Sharing dengan teman seangkatan

Bertukar pikiran dengan teman sebaya penting dilakukan, karena tindakan tersebut dapat mempengaruhi kalian dalam menentukan tema penelitian.

  • Berfikir rasional

Bilamana kalian hendak memilih tema atau mencari tema penelitian, maka rasionalitas harus digunakan. Pikiran yang rasional akan memberikan sumbangan kepada kalian dalam menentukan tema, yakni seperti tema yang mungkin mudah dikerjakan kedepannya, mudah dalam mencari data, dan lain-lain.

  • Membaca buku

Buku merupakan salah satu sumber bacaan yang dapat memberikan arahan kepada kelian dalam menetukan tema penelitian. Dengan membaca buku kalian akan mengetahui bahasan dengan tema tertentu yang disukai dan mengambil keputusan tentang mengambil atau tidak tema yang telah dipikirkan.

  • Temukan tema dalam peminatan yang diambil

Tema penelitian dapat ditemukan melalui peminatan sejak awal, proses studi di dunia perkuliahan akan dihadapkan pada peninatan di bidang tertentu, peminatan tersebut akan meruncingkan pikiran kalian dalam menentukan tema yang hendak kalian angkat menjadi skripsi.

0 Komentar