5 Hal yang harus ada di dalam abstrak skripsi

5 Hal yang harus ada di dalam abstrak skripsi - Skripsi merupakan suatu tulisan dengan berbagai bagian yang menyusunya. Satu bagian dengan yang lain memiliki nilai urgensinya masing-masing, dan menjadi satu kesatuan yang komperhensif.

5 Hal yang harus ada di dalam abstrak skripsi

Bagian petama, kedua, dan seterusnya memiliki kesinambungan yang tidak dapat dipisahkan. Atar bagian tersebut saling melengkapi dan memperjelas pesan yang disampaikan dalam satu karya ilmiah.

Jika dibandingkan antara instansi atau unversitas satu dengan yang lainnya, konten bab yang termuat dalam skripsi akan sangat beragam, karena pengaruh kebijakan masing-masing instansi.

Satu hal atau sub bab yang wajib ada dalam bagian pembuka skripsi yakni bagian Abstrak. Bagian ini disusun dengan beberapa muatan bahasan, atau dengan kata lain dalam menyusunya tidak dapat dilakukan dengan sembarang, karena ada kaidah yang mengaturnya.

Secara umum Abstrak ditempatkan di bagian depan dalam sebuah karya ilmiah. Secara sederhan abstrak diartikan sebagai ringkasan dari suatu karya ilmiah, baik itu dalam bentuk skripsi, jurnal, thesis, dan lain sebagainnya. Keberadaannya akan memudahkan pembaca dalam mengetahui isi dari karya ilmiah tersebut.

Abstrak suatu karya ilmiah disusun dengan sangat padat dan tertata atau sistematis sesuai kaidah masing-masing instansi.

Terdapat beberapa hal yang wajib ada atau termuat dalam sub bab abstrak ini. Hal-hal tersebut tidak boleh kurang dari ketetapan yang telah ada. Penjelasan lebih detailnya yakni dapat disimak dalam bahasan di bawah ini.

Daftar Isi

1. Latar Belakang
2. Matode Penelitian
3. Hasil Penelitian
4. Kesimpulan
5. Kata Kunci atau Keyword

  • Latar Belakang

Bagian awal atau yang paling pertama dari abstrak yakni latar belakang penelitian. Perlu diingat dalam penulisannya dibuat dengan sesingkat mungkin namun tanpa menghilangkan substansi latar belakang penelitian.

  • Matode Penelitian

Bagian selanjutnya yakni disambung dengan informasi terkait metode penelitian yang digunakan. Dalam penulisannya bagian ini ditulis secara singkat tanpa harus dijelaskan secara detail atau disertai definisi yang kompleks.

  • Hasil Penelitian

Setelah menjelaskan metode penelitian yang digunakan, maka bagian atau kalimat selanjutnya diisi dengan hasil penelitian, dan penulisannya disarankan pandat dan singkat, namun tetap mengandung informasi yang jelas.

  • Kesimpulan

Selanjutnya disambung dengan kesimpulan, bagian ini cukup dituliskan dalam bentuk poin-poin atas temuan lapangan.

  • Kata Kunci atau Keyword

Bagian penutup diakhiri dengan kata kunci, kata kunci dalam abstrak diambil dari konsep yang menonjol dalam penelitian.Selain itu, abstrak akan memberikan kemudahan bagi pembaca dalam pencariannya secara online.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar