Apa itu SINTA?

Apa itu SINTA?

Daftar Isi

1. Pengertian SINTA

2. Fungsi SINTA

3. Fitur-Fitur SINTA

4. Kategori SINTA

5. Keunggulan SINTA

Apa itu SINTA? Pengertian SINTA, Fungsi SINTA, Fitur-Fitur Sinta, Kategori SINTA, Keunggulan SINTA

Sudah beberapa tahun terakhir, pemerintah berupaya untuk mendorong hasil-hasil karya ilmiah agar dapat dipublikasikan ke tingkat internasional. Hal tersebut menjadi penting dilakukan oleh pemerintah utamanya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebab sebuah negara dilihat tingkat peradabannya melalui perkembangan jumlah karya penelitian yang sudah dipublikasikan. Oleh sebab itulah banyak negara yang saling berebut untuk berada di peringkat tertinggi dalam mempublikasikan karya ilmiahnya di tingkat internasional.

Apabila dikomparasikan dengan jumlah penduduk di Indonesia yang lebih banyak dari negara tetangga, namun dalam hal publikasi Indonesia masih terbilang tertinggal. Dikutip dari kemenristekdikti salah satu penyebabnya ialah rendahnya publikasi internasional dari para peneliti. Oleh sebab itulah demi mendongkrak jumlah publikasi, Kemenristekdikti menciptakan sebuah peirngkat indeks karya ilmiah dengan nama Science and Technology Index atau yang biasa disebut SINTA.

 

Pengertian SINTA


Menurut kemenristekdikti, SINTAc(Science and Technology Index) adalah suatu portal yang menyajikan perihal pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

 

Fungsi SINTA

Lalu, apa fungsi SINTA?

SINTA berfungsi untuk menilai dan mengukur kinerja jurnal yang didasarkan pada standar akreditasi dan sitasi, dengan mengindeks seluruh jurnal nasional yang sudah diakreditasi oleh Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA).

 

Fitur-Fitur Sinta

Sebagai langkah agar memudahkan dalam mengelola jurnal ilmiah, maka Portal Sinta dilengkapi beberapa fitur sebagai berikut:

1. Citation

Pada bagian Citation menampilkan h-index dalam kurun waktu pertahun untuk Google Scholar dan Scopus.

2. Networking

Sedangkan dada bagian networking, Anda dapat mengetahui networking dengan peneliti lain yang pernah mengadakan kerjasama dengan Anda.

3. Research Oputput

Research Output berisi mengenai artikel jurnal, buku dan artikel seminar yang telah Anda hasilkan. Sedangkan pada bagian Score, Anda dapat melihat indeks di Scopus, Google Scholar dan InaSTI.

4. Score

Score adalah melihat indeks di Scopus, Google Scholar, dan Inasti

 

Kategori SINTA

Menurut peraturan yang sama pada ayat (2) dinyatakan peringkat jurnal nasional sebagai hasil akreditasi jurnal ilmiah, yaitu:

Kategori Jurnal

Keterangan

Sinta 1

Terakreditasi Peringkat 1 (Satu), dengan nilai akreditasi 85 ≤ n ≤ 100

Sinta 2

Terakreditasi Peringkat 2 (Dua), dengan nilai akreditasi 70 ≤ n < 85

Sinta 3

Terakreditasi Peringkat 3 (Tiga), dengan nilai akreditasi 60 ≤ n < 70

Sinta 4

Terakreditasi Peringkat 4 (Empat), dengan nilai akreditasi 50 ≤ n < 60

Sinta 5

Terakreditasi Peringkat 5 (Lima), dengan nilai akreditasi 40 ≤ n < 50

Sinta 6

Terakreditasi Peringkat 6 (Enam), dengan nilai akreditasi 30 ≤ n < 40

 

· Jurnal yang telah dikategorikan berdasarkan Sinta 1 sampai Sinta 6 akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah sitasi dan h-indeks dari Google Scholar yang telah dibuat oleh masing-masing jurnal setelah dilakukan verifikasi.

· Proses Akreditasi dan Evaluasi Jurnal dilakukan berdasarkan waktu pendaftaran dan penetapan yang dilakukan oleh Direktur Pengelolaaan Kekayaan Intelektual.

· Jurnal yang sudah mendaftar ke Arjuna dan belum masuk di Sinta diharapkan dapat menunggu periode akreditasi atau evaluasi selesai, dan tidak meminta untuk didaftarkan melalui ke helpdesk Sinta.

 

Keunggulan SINTA

Keunggulan utama SINTA dibandingkan dengan portal peng-indeks yang lain yaitu dapat secara otomatis meng-indeks hasil karya yang telah ter-indeks di Google Scholar, Scopus, InaSTI dan Indonesian Publication Index (IPI).

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar