4 Kegunaan Sinta Jurnal yang Perlu Anda Ketahui

4 Kegunaan Sinta Jurnal yang Perlu Anda Ketahui - Sinta Jurnal adalah salah satu dari jurnal publikasi yang dipakai dalam menerbitkan jurnal nasional terakreditasi. Laman ini juga dipakai dalam pemeriksaan kualitas jurnal nasional yang hendak diterbitkan. Hal inilah yang menjadikan laman ini menjadi salah satu wadah dalam penerbitan jurnal bagi mahasiswa, dosen, serta akademisi lainnya.

4 Kegunaan Sinta Jurnal yang Perlu Anda Ketahui


Sinta Jurnal atau kepanjangannya Science and Technology Index  merupakan suatu laman ataupun portal ilmiah secara online atau daring. Laman ini digagas serta dikelola langsung oleh Kemendikbud Ristek. Adapun dalam Sinta Jurnal memuat banyak jurnal nasional yang terakreditasi yang bias pula dijadikan referensi dalam penulisan karya ilmiah.

Kegunaan Sinta Jurnal

Dalam Sinta Jurnal memuat fitur-fitur yang berguna dalam penulisan ataupun penerbitan karya ilmiah. Adapun 4 fitur dalam Sinta Jurnal Indonesia yang perlu Anda ketahui beserta kegunaannya.

1. Fitur Citation

Fitur Citation dalam Sinta Jurnal memuat informasi mengenai  posisi h-index di Google Scholar maupun Scopus selama satu tahun terakhir. Melalui fitur citation ini, h-index pada kedua database kemudian dimuat pada reputasi Sinta Jurnal.

2. Fitur Networking

Dalam fitur networking memuat tentang informasi terkait pihak-pihak yang pernah melakukan kerjasama sebagai penulis ataupun author jurnal pada laman Sinta. Sehingga melalui fitur ini, Anda dapat mengetahui jaringan dari penulis.

3. Fitur Output

Fitur selanjutnya yang ada pada laman Sinta Jurnal yaitu fitur research output. Adapun fitur ini memperlihatkan segala output ataupun luaran dari Sinta Jurnal. Output tersebut dapat berbentuk buku ilmiah, publikasi jurnal, dan lainnya.

4. Fitur Score

Fitur terakhir yang ada pada Sinta Jurnal Indonesia yakni fitur Score, di mana fitur ini mmemperlihatkan segala indeks pada publikasi yang ada di Sinta Jurnal. Baik indeks yang ada di Sinta Jurnal maupun di Scopus dan Google Scolar.

Keempat fitur yang ada pada Sinta Jurnal tersebut dapat mmeudahkan Anda dalam mempublikasin jurnal ataupun karya ilmiah secara online ataupun daring. Anda juga bisa menggunakannya untuk menilai kredibilitas serta kerja dari jurnal dan dapat pula melakukan publikasi pada database lainnya.

Cara Cek Sinta Jurnal

Untuk mengecek maupun memeriksa Sinta Jurnal, Anda bisa melakukannya melalui laman Arjuna ataupun melalui laman resmi dari Sinta jurnal. Berikut beberapa cara cek Sinta Jurnal yang dapat Anda ikuti.

1. Cek Sinta Jurnal Melalui Laman Arjuna

Cara pertama mengecek Sinta Jurnal yaitu melalui laman Arjuna dengan mengunjungi laman Arjuna yakni http://arjuna.ristekbrin.go.id/. Selanjutnya Anda bisa klik laman tersebut untuk mengetahui daftar jurnal serta ketikkan nama jurnal pada mesin pencarian dan klik enter.

Kemudian klik riwayat persetujuan agar muncul riwayat yang ada pada laman jurnal, lalu Anda dapat mengetahui masa berlaku akreditasi yang ada pada jurnal. Apakah masih relevan apabila dipakai untuk penulisan karya ilmiah dan lainnya.

2. Cek Sinta Jurnal Melalui Laman Resmi Sinta

Anda juga bisa mengecek Sinta Jurnal langsung ke laman resminya yaitu http://sinta.ristekbrin.go.id/. Selanjutnya Anda bisa memilih navigasi utama yang ada pada bagian atas yakni “Sumber” ataupun Source dan klik “Jurnal”. Kemudian Anda bisa mencari langsung jurnal yang ingin Anda cari melalui kolom pencarian.

Melalui Sinta Jurnal, Anda dapat mempublikasikan ataupun mencari jurnal terakreditasi dengan mudah dan mendapatkan informasi-informasi secara lengkap mengenai jurnal yang ingin Anda gunakan.

Kunjungi Juga Sosial Media Layanan Jasa Turnitin

1. Web = https://www.jasaturnitin.com/

2. Facebook = Jasaturnitin

3. Fanspage Facebook = Jasaturnitin

4. Instagram = @jasa_cekplagiasi

5. Pinterest = Jasaturnitin

6. Shopee = Jasaturnitin

7. Tokopedia = Jasaturnitin

8. Linked In = Jasa Turnitin

9. Twitter = Jasa Turnitin

10. Tiktok = Jasaturnitin19

0 Komentar